Rate adalah harga kamar yang diberikan kepada para tamu yang berniat untuk tinggal di hotel terkait yang ditawarkan meskipun harga-harga kamar tersebut berbeda antara satu dengan yang lainnya, akan tetapi semua harga yang ditawarkan telah memiliki target pasar tersendiri.
saya selaku seorang hotelier yang memulai karier dari awal telah mendapatkan ilmu yang cukup banyak namun terus menerus belajar karena saya menyadari ilmu saya masih sangat kurang dibandingkan para master master di bidang sale dan marketing.
Media ini kami berikan untuk berbagi ilmu tentang perhotelan semoga bermanfaat bagi para kawan-kawan semua di bidang yang sedang ditekuni, saya rasa pidatonya harus diselesaikan ,, oke kita lanjut ke pembahasan tentang rate kamar dan berbagai macam bentuknya :
Publish Rate/Rack Rate
Rate ini diberlakukan bagi semua pihak dan bisa dibilang sebagai harga kamar yang telah diresmikan oleh pihak perhotelan itu sendiri, publish rate biasanya mengambil target pemasaran untuk direct booking atau tamu yang ingin melakukan pemesanan kamar secara langsung kepada pihak perhotelan.
Nett Rate
Rate ini berlaku untuk harga kamar yang sudah termasuk tax dan service sebesar 21%. rate ini akan sangat sering anda temukan di sebuah hotel ataupun restoran.
Nett ++
Rate ini berlaku untuk harga kamar yang belum termasuk tax dan service sebesar 21%. rate ini akan sangat sering
anda temukan di sebuah hotel ataupun restoran, lambang plus-plus menandakan adanya tambahan harga extra yang harus dibayarkan oleh tamu itu sendiri.
Agent rate
Harga kamar ini diperuntukkan untuk travel agen, harga ini dilampirkan dalam bentuk kontrak rate jadi semua harga sudah terlampir sesuai dengan term dan kondisi yang dalam bidang perhotelan itu sendiri
Corporate Rate
Harga kamar yang diperuntukkan bagi instansi pemerintah atau swasta yang telah memiliki kerjasa yang cukup signifikan antara kedua belah pihak sehingga kita akan mendapati rate kamar yang cukup rendah dan kompetitif.
Special Rate atau Promo rate
Harga kamar yang dikhususkan untuk tamu yang menginap dalam kondisi dan keadaan tertentu seperti special promo, special discount, special ceremony yang semuanya didasarkan atas keputusan pihak perhotelan dalam menjual produk jasa penginapan yang mereka miliki.
Internet Rate
Harga kamar ini lebih rendah dari publish rate jika anda melakukan pemesanan melalui internet namun rate ini sekarang sudah jarang sekali dipergunakan karena internet sudah menjadi lahan yang paling produktif dalam menjual jasa perhotelan, internet rate sudah digantikan oleh agent-agent online yang telah lama beroperasi seperti booking.com, agoda.com, expedia, asiaroom dan lain sebagainya.