Perhotelan adalah suatu jenis
bidang usaha yang termasuk dalam katagori pulik servis yaitu pelayanan terhadap
tamu yang memakai jasa menginap dihotel tempat kita bekerja , adapun tata cara
dan penampilan menjadi penunjang dari sebuah pekerjaan, adapun tata penampilan
dan aturan dalam perhotelan yang seharusnya digunakan dalam perhotelan :
sumber gambar : www.ombakvilla.com |
1. Berpenampilan rapi dan rambut harus dicukur
sesuai dengan prosedur yang berlaku dan untuk wanita diharuskan memotong rambut
sebahu.
Rambut merupakan corak yang paling terlihat dari
seseorang yang memberikan potensi bagi kita untuk menentukan kinerja sesorang
dalam menjalankan tugas mereka.
2. Dilarang menggunakan pernak-pernik yang mencolok
dan menghilangkan nilai profesionalisme kerja dan merubah pendangan tamu
terhadap kita, sesuatu yang mencolok dan menyita perhatian tamu adalah sangat
dilarang oleh hotel.
3. Harus menjadikan tamu sebagai satu prioritas
dalam kerja, tamu merupakan ladang uang bagi para hotelier karena tamu
merupakan sumber penghasilan terbesar.
4. Mematikan mobile phone pribadi saat jam kerja
agar konsentrasi dalam pekerjaan tidak terganggu oleh pesan ataupun panggilan
yang masuk.
5. Jika terjadi kesalahan dalam satu departemen
maka harus dilaporkan ke departemen headnya sendiri bukan langsung ke atasan
dari suatu perusahaan akan tetapi harus dijalankan sesuai dengan aturan
management perhotelan.
6. Harus menerapkan overhandle saat terjadinya
perubahan shift, yaitu saat dimana kita memindah tanggungjawab pekerjaan kepada
rekan kerja yang lain dalam suatu departemen.
7. Karyawan dilarang ke luar area hotel saat jam
kerja kecuali dengan ijin dari atasan atau untuk kepentingan kebutuhan hotel.
8.
Bersikap ramah dan sopan terhadap tamu yang
menginap dihotel
9. Semua karyawan harus bekerja sesuai dengan
standar operasional prosedur yang telah ditetapkan oleh perusahaan tanpa
terkecuali. Sebuah SOP sangat berfungsi dalam menata kinerja semua departemen
dan menjadi icon khusus yang menjadi pembeda antara hotel yang satu dengan yang
lain
10. Dilarang membawa pulang perlengkapan hotel tanpa
seizin dari leader.
11. Dilarang menggunakan fasilitas hotel untuk
kepentingan pribadi
12.Setiap karyawan harus menggunakan kostum yang
telah diberikan, dan setiap departemen memiliki kostum yang berbeda agar
mempermudah tamu dalam menganalisa para karyawan.
13. Dilarang memasuki area departemen lain tanpa ada
suatu kepentingan yang memang harus diselesaikan demi kepentingan perhotelan
14. Saat terjadi komplain atau keluhan dari tamu
pihak perhotelan harus menjelaskan dengan baik sesuai dengan prosedur
perhotelan yang ada sehingga memberikan kelegaan dan kepuasaan bagi tamu akan
jawaban yang kita berikan.
Demikianlah aturan dalam perhotelan secara garis besar yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.