Departemen Dalam Perhotelan dalam perhotelan meliputi departemen departemen yang memiliki kinerja tim yang baik dan selalu mempertahankan kinerja sesuai dengan standar operasional yang ada, dalam sebuah departemen dibutuhkan kerja tim yang baik dalam mencapai tujuan yang sama yaitu meningkatkan eksistensi departemen dalam sebuah perhotelan.
Departemen Dalam Perhotelan dibuat untuk menunjang kinerja perhotelan yang dipimpin oleh manajer dari departemen tersebut yang memiliki wewenang penuh dalam meningkatkan kinerja staf departemen yang dipimpinnya, dibutuhkan kerja tim yang baik dan solid dalam meningkatkan kinerja sebuah departemen, adapun departemen-departemen dalam perhotelan sebagai berikut :
Departemen yang menangani kantor depan dari hotel yang bertugas sebagai orang pertama yang bertemu dengan tamu, menampung keluhan tamu terhadap pelayanan perhotelan, menerima pembayaran kamar dari tamu, melayani tamu yang check-in dan check-out dan masih banyak lagi.
Front merupakan departemen yang tergabung dalam guest relation yang mengacu pada pelayanan tamu dalam bentuk keluhan-keluhan mengenai fasilitas hotel, sebagai asisten tamu yang siap memberikan informasi lengkap kepada tamu, sehingga seorang front office dituntut memiliki percakapan bahasa inggris yang matang karena akan berhadapan langsung dengan tamu dari berbagai macam negara dengan aksen-aksen inggris yang berbeda.
Front Office Departemen
Departemen yang menangani kantor depan dari hotel yang bertugas sebagai orang pertama yang bertemu dengan tamu, menampung keluhan tamu terhadap pelayanan perhotelan, menerima pembayaran kamar dari tamu, melayani tamu yang check-in dan check-out dan masih banyak lagi.
Front merupakan departemen yang tergabung dalam guest relation yang mengacu pada pelayanan tamu dalam bentuk keluhan-keluhan mengenai fasilitas hotel, sebagai asisten tamu yang siap memberikan informasi lengkap kepada tamu, sehingga seorang front office dituntut memiliki percakapan bahasa inggris yang matang karena akan berhadapan langsung dengan tamu dari berbagai macam negara dengan aksen-aksen inggris yang berbeda.
F & B Service Departemen
Bertugas memberikan pelayanan sebagai pramu saji atau menyajikan makanan atau minuman kepada tamu yang telah dibuat oleh F&B product, dalam penyajiannya seorang pramu saji harus mampu memberikan makanan seseuai dengan kaidah atau aturan yang telah diatur dalam prinsip kerja seorang pramu saji seperti mendahulukan minuman ketimbang makanan, mendahulukan tamu yang cewek ketimbang yang cowok dan juga bertugas menerima pesanan dari tamu yang dilanjutkan ke bagian dapur untuk memproduksi makanan yang telah dipesan oleh tamu tersebut.
F & B Product Departemen
Bertugas membuat atau memproduksi makanan yang telah dipesan oleh tamu dengan memberikan waktu seminim mungkin demi memberikan pelayanan yang cepat terhadap tamu, tetapi jangan lupa bahwa kinerja seorang tukang masak berbeda dengan memasak di dapur sendiri, mereka bekerja berdasarkan jabatan masing-masing dengan tingkat kinerja yang cukup tinggi.
Sebelum makanan siap disajikan ke tamu harus melalui tahap pengujian rasa oleh chef untuk tetap berada dalam standar yang telah ditetapkan, rasa dan selera menjadi harga mati yang harus dipertahankan oleh departemen ini, resiko yang kita temukan di departemen ini adalah adanya kebakaran, tergores benda tajam dan ledakan gas LPG.
House Keeping Departemen
Departemen ini bertugas untuk menyiapkan kamar buat tamu yang menginap baik itu tempat tidur, toilet, mini bar, AC dan semua kelengkapan kamar yang harus dipenuhi sebelum menyerahkan kamar tersebut kepada tamu untuk ditempati, departemen ini terbilang cukup mudah akan tetapi memiliki resiko yang cukup tinggi diantaranya adanya kehilangan uang dari tamu yang pada saat kejadian seorang karyawan telah membersihkan kamar tersebut, maka akan besar kemungkinan bahwa kehilangan tersebut dilakukan oleh pihak intern.
Reservation Departemen
Bertugas menerima pemesanan kamar dari tamu baik melalui agen online ataupun offline, akan tetapi berdasarkan perkembangan tehnologi saat ini kebanyakan dari departemen reservasi menerima reservasi dari agen-agen travel online dikarenakan oleh proses konfirmasi yang cepat tanpa mengulur waktu dan memiki informasi yang akurat tanpa adanya penipuan atau marketing yang berlebihan.
Sales & Marketing Departemen
Bertugas memberikan contract rate kepada agen perjalanan, menentukan harga paket, harga kamar berdasarkan biaya-biaya yang telah disepakati oleh pihak hotel terkait, tetapi saat ini banyak kita temukan sales dan marketing departemen melakukan pekerjaan berdasarkan target dan mereka dibayar berdasarkan komisi sehingga mereka termasuk pekerja outdoor yang sering melakukan promosi ke luar negeri, mengasyikkan bukan makanya tetapkan mimpi anda sobat .
Accounting Departemen
Bertugas menggaji karyawan, memeriksa biaya-biaya operasional perusahaan baik dari promosi, birokrasi dan kebijakan, menetapkan revenue tahunan, departemen yang satu ini diperuntukkan untuk memberikan informasi tentang uang yang masuk dan uang yang keluar.