Berikut adalah lanjutan dari Standar Operasional Bar and Restoran yang ketiga.
- Beri salam ke ke tamu sesuai dengan waktu untuk memberikan simbol rasa hormat dan pelayanan kita kepada tamu itu sendiri, sebagai simbol keramah-tamahan yang kita miliki.
- Antarkan tamu ke meja makan, mempersilahkan tamu duduk dan menarik kursi untuk wanita terlebih dahulu sesuai dengan standar operasional yang ada.
- Mempersilakan tamu duduk dengan muka tersenyum dan mimik yang ramah tamah.
- Memberikan menu makanan dan minuman kepada tamu dengan mendahulukan yang wanita daripada tamu yang pria.
- Menanyakan pada tamu untuk pesanan minuman terlebih dahulu. Tulis pesanan minuman di nota pemesanan dan serahkan ke bar untuk disiapkan.
- Sementara minuman disuguhkan, tanyakan kepada tamu apakah sudah siap untuk pesan makanan.
- Tulis pesanan makanan di nota pemesanan yang putih untuk dapur dan merah untuk restoran.
- Mengganti peralatan makan sesuai dengan pesanan tamu.
- Menyuguhkan makanan jika telah siap, yang wanita terlebih dahulu dan mengucapkan selamat menikmati.
- Tanyakan kesan tamu tentang makanan yang sedang dinikmati.
- Tanyakan jika ada tambahan pesanan, jika ya tuliskan di nota pemesanan.
- Clear up piring, mangkok, gelas, dll yang kosong, sambil menanyakan tentang sarapannya.
- Membersihkan sisa-sisa makanan yang jatuh di meja tamu
- Menawarkan berbagai macam makanan penutup beserta tah atau kopi, jika tamu berminat maka tuliskan pesanan di nota pemesanan dan serahkan ke dapur dan bar.
- Menyiapkan peralatan makanan penutup berupa dessert spoon dan dessert fork.
- Menyuguhkan makanan penutup jika telah siap.
- Clear up peralatan sambil menanyakan kesan tamu tentang makan siangnya.
- Jika tidak ada tambahan lagi, tanyakan kepada tamu apakah bill akan di charge ke kamar atau dibayar tunai/kartu kredit. Cetak bill dan sodorkan ke tamu untuk tanda tangan ( jika charge ke kamar) dan untuk proses pembayaran ( jika tunai/kartu kredit ).
- Jika telah selesai, ucapkan terima kasih.
1.
CLOSING RESTAURANT AND BAR ( PENUTUPAN
RESTORAN )
- Bersihkan restoran dan bar
- Bersihkan dan angkat semua lilin, sendok, garpu, lap tangan/mulut, taplak meja dan semua perlengkapan pada meja restoran yang masih tersedia, dan masukkan semuanya ketempat semula. Pisahkan table cloth dan napkin yang kotor untuk laundry.
- Penghitungan
- Laporan pengitungan minuman ( yang terjual, yang tersisa dan yang rusak )
- Cetak Laporan penjualan makanan dan minuman dan sesuaikan dengan bill. Pastikan semuanya sesuai.
- Periksa kembali semua nota dan setiap pembayaran cash harus diserahkan langsung ke bagian kasir atau manager beserta bill terkait.
- Masukkan laporan dan nota dalam arsip yang disediakan dan serahkan ke kantor.
- Pindahkan semua minuman dari rak bar ke ruang pantry dan dikunci.
- Matikan computer dan lampu.
Note :
Ada ataupun tidak ada tamu kita tetap
harus menjaga
kebersihan lingkungan restoran dan bar.